Tuesday, June 1, 2021

Tugas Individu Eksplorasi Konsep 3.3.a.4.1 Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid

 

Nama CGP : Nur Fajrina Rakhmawati, S.Pd

Instansi : SMPN 2 Gunungsindur

 

1.      Dari tayangan tentang bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid, tuliskan dampak pada murid yang dapat Anda amati dari program-program yang ada dalam tayangan video.

 

Nama program

Dampak pada murid yang dapat diamati

Adiwiyata

Siswa memahami pentingnya menciptakan lingkungan yang asri dan cara menjaganya, manfaatnya untuk orang di sekitar. Menambah wawasan tentang lingkungan. Di samping itu, siswa juga merasa lebih berada di sekolah.

Sekolah Ramah Anak

Mewujudkan kondisi aman, bersih, sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya, selama anak berada di satuan pendidikan, serta mendukung partisipasi anak  terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan. 

 

2.      Refleksikan program-program yang telah dilaksanakan di sekolah Anda. Apakah program-program tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program dan jawab pertanyaan berikut:

a.       Apa nama dan tujuan program?

Program yang telah dicanangkan dan selama ini terlaksana di sekolah saya selama bertahun-tahun adalah : Jumat Bersih. Tujuan program adalah membimbing siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan, membudidayakan gotong royong serta upaya pola hidup bersih.

b.      Apa saja aktivitas yang ada dalam program (Apa yang dilakukan murid/guru/kepala sekolah jika ada?)

Siswa kerja bakti dalam kurun waktu tertentu membersihkan kelas, wali kelas turut mendampingi, memeriksa hasilnya dan kepala sekolah menampung usulan, saran maupun laporan dari guru.

c.       Apa dampak yang dapat diamati pada murid?

Murid bisa mengerti makna tanggung jawab dalam menjaga kebersihan sekolah khususnya ruang kelas tempat mereka belajar.

d.      Apakah program yang Anda ceritakan di atas sudah mengikuti tahapan BAGJA?

Sudah. Yaitu :

 

Buat Pertanyaan : Bagaimana meningkatkan keterlibatan murid dalam menjaga kebersihan lingkungan?

Ambil Pertanyaan : Memandu siswa dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Gali Mimpi : Sumber daya apa yang bisa kita jaga dan pelihara keberadaannya?

Jabarkan Rencana : Pelaksanaan program Jumat Bersih secara rutin dengan melibatkan berbagai pihak di sekolah.

Atur Eksekusi : Kegiatan dilaksanakan pada hari jumat. Menentukan siapa yang bertanggung jawab dan menindaklanjuti berjalannya program.

 

3.      Setelah mengetahui bagaimana sebuah pelaporan harus dipertanggung jawabkan, mulai dari perencanaan, monitoring, evaluasi hingga pelaporan, apakah program sekolah yang Anda ceritakan di atas sudah memperhatikan hal-hal tersebut?

 

Dalam rapat dinas Bersama kepala sekolah, wali kelas diperbolehkan untuk sharing pendapat. Program sekolah di atas telah memerhatikan hal tersebut mulai dari perencanaan, monitoring, evaluasi hingga pelaporan.

 

4.      Berikan catatan Anda tentang identifikasi risiko yang dilakukan oleh  sekolah dalam merencanakan dan mengelola program yang Anda ceritakan di atas.

Kondisi saat ini

Kondisi yang akan datang

Risiko

Strategis

Keuangan

Operasional

Pemenuhan

Reputasi

Adanya kendala pandemi sehingga program ini untuk sementara waktu belum bisa dijalankan kembali.

Setelah pembelajaran tatap muka kembali dilakukan, program akan kembali dilaksanakan dengan intensif.

Semua wali kelas sudah paham tugasnya dalam mendampingi siswa.

Modal yang dibutuhkan sudah ada dalam anggaran sekolah.

Semua pihak yang ada di sekolah dapat menjalankan SOP sesuai aturan yang berlaku.

Semua rencana kegiatan harus ada SOP nya dan terlaksana.

Jika aturan tidak dipenuhi, maka dapat mengganggu berjalannya program.

 

 

0 comments:

Post a Comment