Nama CGP : Nur Fajrina Rakhmawati,
S.Pd
Instansi : SMPN 2 Gunungsindur
1.
Dari tayangan tentang
bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid, tuliskan dampak pada murid
yang dapat Anda amati dari program-program yang ada dalam tayangan video.
Nama program |
Dampak pada murid yang
dapat diamati |
Adiwiyata |
Siswa
memahami pentingnya menciptakan lingkungan yang asri dan cara menjaganya,
manfaatnya untuk orang di sekitar. Menambah wawasan tentang lingkungan. Di
samping itu, siswa juga merasa lebih berada di sekolah. |
Sekolah Ramah Anak |
Mewujudkan kondisi aman, bersih, sehat, peduli, dan
berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan
anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya, selama anak
berada di satuan pendidikan, serta mendukung partisipasi anak terutama
dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan. |
2.
Refleksikan
program-program yang telah dilaksanakan di sekolah Anda. Apakah program-program
tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program dan jawab pertanyaan
berikut:
a.
Apa nama dan tujuan
program?
Program yang telah
dicanangkan dan selama ini terlaksana di sekolah saya selama bertahun-tahun
adalah : Jumat Bersih. Tujuan program adalah membimbing siswa untuk menjaga
kebersihan lingkungan, membudidayakan gotong royong serta upaya pola hidup
bersih.
b.
Apa saja aktivitas yang
ada dalam program (Apa yang dilakukan murid/guru/kepala sekolah jika ada?)
Siswa kerja bakti dalam
kurun waktu tertentu membersihkan kelas, wali kelas turut mendampingi,
memeriksa hasilnya dan kepala sekolah menampung usulan, saran maupun laporan
dari guru.
c.
Apa dampak yang dapat
diamati pada murid?
Murid bisa mengerti
makna tanggung jawab dalam menjaga kebersihan sekolah khususnya ruang kelas
tempat mereka belajar.
d.
Apakah program yang Anda
ceritakan di atas sudah mengikuti tahapan BAGJA?
Sudah. Yaitu :
Buat Pertanyaan :
Bagaimana meningkatkan keterlibatan murid dalam menjaga kebersihan lingkungan?
Ambil Pertanyaan :
Memandu siswa dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Gali Mimpi : Sumber daya
apa yang bisa kita jaga dan pelihara keberadaannya?
Jabarkan Rencana :
Pelaksanaan program Jumat Bersih secara rutin dengan melibatkan berbagai pihak
di sekolah.
Atur Eksekusi : Kegiatan
dilaksanakan pada hari jumat. Menentukan siapa yang bertanggung jawab dan
menindaklanjuti berjalannya program.
3.
Setelah mengetahui
bagaimana sebuah pelaporan harus dipertanggung jawabkan, mulai dari
perencanaan, monitoring, evaluasi hingga pelaporan, apakah program sekolah yang
Anda ceritakan di atas sudah memperhatikan hal-hal tersebut?
Dalam rapat dinas
Bersama kepala sekolah, wali kelas diperbolehkan untuk sharing pendapat.
Program sekolah di atas telah memerhatikan hal tersebut mulai dari perencanaan,
monitoring, evaluasi hingga pelaporan.
4.
Berikan catatan Anda
tentang identifikasi risiko yang dilakukan oleh sekolah dalam
merencanakan dan mengelola program yang Anda ceritakan di atas.
Kondisi saat ini |
Kondisi yang akan datang |
Risiko |
||||
Strategis |
Keuangan |
Operasional |
Pemenuhan |
Reputasi |
||
Adanya kendala pandemi sehingga
program ini untuk sementara waktu belum bisa dijalankan kembali. |
Setelah pembelajaran tatap muka
kembali dilakukan, program akan kembali dilaksanakan dengan intensif. |
Semua wali kelas sudah paham
tugasnya dalam mendampingi siswa. |
Modal yang dibutuhkan sudah ada
dalam anggaran sekolah. |
Semua pihak yang ada di sekolah
dapat menjalankan SOP sesuai aturan yang berlaku. |
Semua rencana kegiatan harus ada
SOP nya dan terlaksana. |
Jika aturan tidak dipenuhi, maka
dapat mengganggu berjalannya program. |
0 comments:
Post a Comment