Monday, January 11, 2021

1.3.a.8. Elaborasi Pemahaman - Kebutuhan Perubahan di Sekolah

 Elaborasi Pemahaman - Pembelajaran 6 

Sejauh mana pengetahuan yang saya dapat dari modul ini dapat membantu mewujudkan perubahan yang diperlukan sekolah?

Durasi   : 2 JP
Moda    : Mandiri dan forum diskusi

Pada kegiatan ini Anda akan membuat paparan lisan dalam bentuk video pendek berdurasi maksimum 2 menit . 

untuk mengidentifikasi hubungan antara:

  • paradigma inkuiri apresiatif,
  • maksud pernyataan Ki Hajar Dewantara mengenai frasa kodrat alam dan kodrat zaman
  • serta pernyataan beliau berikut: “Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu”.

Untuk itu, silahkan gunakan beberapa pertanyaan pemandu berikut:

  • Apa pemahaman Anda mengenai paradigma inkuiri apresiatif (IA)?
  • Bagian mana dari paradigma IA yang berkaitan dengan dua poin dari Ki Hajar Dewantara (KHD) tersebut?
  • Apa pemahaman Anda atas peran pendidik dalam dua poin pikiran KHD tersebut?
  • Bagaimana Anda memanfaatkan paradigma IA untuk mewujudkan dua poin KHD tersebut?

Langkah-langkah :

  1. rekam paparan lisan ke dalam bentuk video
  2. video yang direkam lebih baik diupload ke youtube chanel Anda, copykan alamat /url video youtube
  3. masukkan alamat /url video youtube ke dalam dokumen (doc) paparan lisan (copy dan paste alamat /url video youtube ke file naskah)
  4. simpan file paparan lisan
  5. unggah file paparan lisan yang didalamnya memuat alamat/url video youtube yang telah anda pusblish di chanel anda sesuai petunjuk pengiriman
  6. apabila filenya audio unggah file audio sesuai petunjuk pengiriman


Setelah mengidentifikasi hubungan visi murid merdeka, filosofi Ki Hajar Dewantara dan paradigma dan metode manajemen perubahan inkuiri apresiatif, kali ini Anda akan merumuskan dan mengubahsuaikan visi Anda untuk menumbuhkan murid merdeka di sekolah. Susunlah rumusan tersebut menjadi sebuah pernyataan (1 paragraf) dalam file word. 

Jawaban :


Menggali potensi yang ada dalam diri siswa dengan need assessment sehingga mereka dapat menyalurkan potensinya. Penyaluran potensi dilaksanakan dalam setiap kegiatan pembelajaran tanpa adanya paksaan. Tugas guru memberikan stimulus. Untuk mendidik dengan tegas tapi lembut, perlu dibuat kesepakatan di awal pembelajaran terkait kontrak pembelajaran yang diinginkan bersama gurunya. Diharapkan jika segenap potensi siswa dapat berkembang, makan target Profil Pelajar Pancasila akan tercapai, yaitu beriman bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif. Output lainnya adalah timbul rasa toleransi akan keberagaman yang ada di lingkungannya. Siswa dapat merasa nyaman dengan sekolah seolah sekolah adalah rumah kedua baginya.


0 comments:

Post a Comment