Wednesday, January 13, 2021

1.4.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Budaya Positif

 

  1. Langkah-langkah yang Anda lakukan dalam menyusun kesepakatan kelas secara runut dan jelas 

a.    Saya menemui beberapa siswa saat jadwal pemotretan pas photo kelas VII di sekolah. Saya melihat Sebagian besar siswa sudah mematuhi protocol Kesehatan yaitu memakai masker. Selain itu, baju siswa juga rapi sesuai aturan. Kemudian saya mengajak mereka sharing Bersama, menanyai seperti apa kelas impian mereka. Mereka menginginkan suasana kelas yang rukun, teman yang tidak membully. Kemudain saya menanyakan pendapat mereka mengenai pencegahan Covid 19 dan mereka setuju bahwa siswa harus patuh pada protocol Kesehatan bahkan jika sekolah telah masuk Kembali.

b.    Saya menanyai pendapat siswa, tentang bagaimana Langkah yang tepat untuk mewujudkannya. Siswa menjawab, perlu ada kesepakatan Bersama yang dilakukan oleh siswa sekelas secara kompak.

c.    Mengambil kesimpulan dari hasil obrolan dengan siswa, yaitu membuat kesepakatan kelas.

d.    Menuangkan ide dari siswa menjadi poin-poin kesepakatan kelas. Poin ini bisa berubah atau bertambah jika sekolah sudah masuk tatap muka.

e.    Terbentuknya poin kesepakatan kelas ditandatangani perwakilan siswa 7A

f.     Meninjau Kembali poster kesepakatan kelas dan kesanggupan siswa mentaatinya.

  1. Tindakan yang Anda lakukan sebagai guru kepada murid 

Berupaya konsisten dalam membimbing siswa mentaati kesepakatan kelas.

  1. Percakapan Anda sebagai guru dengan murid ketika menyusun kesepakatan kelas

Guru (G) : “Sebagai siswa, kamu pengen nggak belajar dengan suasana yang nyaman? Apa alasannya”

Siswa (S) : “Pengen banget bu. Supaya betah gitu di sekolah. Terus semangat“

Guru (G) :”Ceritain ke Ibu Guru donk , kelas impian kamu tu…seperti apa. Misalnya, nggak berisik, bersih, apa lagi…”

S: “Pengen punya temen yang kompak”

S:” Maunya tu ngga ada temen tukang ngejek kayak temen di SD saya dulu.”

S: “Kalo belajar lebih banyak diajarin guru bu.”

G:”Oke, gini. Kamu punya keinginan seperti itu, bagus. Menurut kamu, harus gimana supaya semuanya bisa kita wujudkan bareng-bareng.”

S:”Dibikin perjanjian kelas aja bu. Supaya pada nurut. “

G :”Nah ibu catet ya…ini poin-poin dari hasil pendapat kalian tadi “ (Guru menunjukkan catatan poin-poin tersebut, siswa menganggukkan kepala tanda setuju. Guru merevisi kalimat dan bagian yang kurang tepat. Perwakilan siswa menandatanganinya.

Peninjauan dilakukan dengan cara memposting kesepakatan tersebut di grup WA kelas agar semua mengetahuinya dan berupaya dilaksanakan Bersama.

  1. Respons murid dalam berperilaku setelah kesepakatan kelas dibuat

Murid-murid merasa poin tersebut tidak memberatkan karena demi kebaikan Bersama.

  1. Tantangan atau keberhasilan yang ditemui selama proses tersebut

Tantangannya masih pembelajaran daring sehingga belum maksimal.

 

Dokumentasi

A picture containing person

Description automatically generatedA picture containing person

Description automatically generatedProses sharing bersama siswa

 

A picture containing person

Description automatically generatedMemberitahukan kepada orang tua siswa untuk bekerja sama membimbing siswa

 

 

 

 

A picture containing diagram

Description automatically generatedHasil kesepakatan kelas

0 comments:

Post a Comment