- Langkah-langkah yang Anda lakukan dalam
menyusun kesepakatan kelas secara runut dan jelas
a. Saya menemui beberapa siswa saat jadwal pemotretan pas photo kelas VII di sekolah. Saya melihat Sebagian besar siswa sudah mematuhi protocol Kesehatan yaitu memakai masker. Selain itu, baju siswa juga rapi sesuai aturan. Kemudian saya mengajak mereka sharing Bersama, menanyai seperti apa kelas impian mereka. Mereka menginginkan suasana kelas yang rukun, teman yang tidak membully. Kemudain saya menanyakan pendapat mereka mengenai pencegahan Covid 19 dan mereka setuju bahwa siswa harus patuh pada protocol Kesehatan bahkan jika sekolah telah masuk Kembali.
b.
Saya menanyai pendapat siswa, tentang bagaimana Langkah yang tepat untuk
mewujudkannya. Siswa menjawab, perlu ada kesepakatan Bersama yang dilakukan
oleh siswa sekelas secara kompak.
c.
Mengambil kesimpulan dari hasil obrolan dengan siswa, yaitu membuat
kesepakatan kelas.
d.
Menuangkan ide dari siswa menjadi poin-poin kesepakatan kelas. Poin ini
bisa berubah atau bertambah jika sekolah sudah masuk tatap muka.
e.
Terbentuknya poin kesepakatan kelas ditandatangani perwakilan siswa 7A
f.
Meninjau Kembali poster kesepakatan kelas dan kesanggupan siswa
mentaatinya.
- Tindakan yang Anda lakukan sebagai guru kepada
murid
Berupaya
konsisten dalam membimbing siswa mentaati kesepakatan kelas.
- Percakapan Anda sebagai guru dengan murid
ketika menyusun kesepakatan kelas
Guru (G)
: “Sebagai siswa, kamu pengen nggak belajar dengan suasana yang nyaman? Apa
alasannya”
Siswa (S)
: “Pengen banget bu. Supaya betah gitu di sekolah. Terus semangat“
Guru (G)
:”Ceritain ke Ibu Guru donk , kelas impian kamu tu…seperti apa. Misalnya, nggak
berisik, bersih, apa lagi…”
S:
“Pengen punya temen yang kompak”
S:”
Maunya tu ngga ada temen tukang ngejek kayak temen di SD saya dulu.”
S: “Kalo
belajar lebih banyak diajarin guru bu.”
G:”Oke,
gini. Kamu punya keinginan seperti itu, bagus. Menurut kamu, harus gimana
supaya semuanya bisa kita wujudkan bareng-bareng.”
S:”Dibikin
perjanjian kelas aja bu. Supaya pada nurut. “
G :”Nah
ibu catet ya…ini poin-poin dari hasil pendapat kalian tadi “ (Guru menunjukkan
catatan poin-poin tersebut, siswa menganggukkan kepala tanda setuju. Guru
merevisi kalimat dan bagian yang kurang tepat. Perwakilan siswa
menandatanganinya.
Peninjauan
dilakukan dengan cara memposting kesepakatan tersebut di grup WA kelas agar
semua mengetahuinya dan berupaya dilaksanakan Bersama.
- Respons murid dalam berperilaku setelah
kesepakatan kelas dibuat
Murid-murid
merasa poin tersebut tidak memberatkan karena demi kebaikan Bersama.
- Tantangan atau keberhasilan yang ditemui
selama proses tersebut
Tantangannya
masih pembelajaran daring sehingga belum maksimal.
Dokumentasi
Proses sharing bersama
siswa
Memberitahukan kepada orang tua siswa
untuk bekerja sama membimbing siswa
Hasil kesepakatan kelas
0 comments:
Post a Comment