Friday, January 8, 2021

1.2.b.6. Ruang Kolaborasi - Dasar Pendidikan Kihajar

  1. Tahapan diskusi :

    1. untuk melakukan diskusi ini silakan pilih grup yang didalamnya ada nama Anda. 
    2. didalam grup kecil silakan membagi-bagi bacaan tersebut sedemikian rupa sehingga setiap anggota kelompok mendapatkan bagian. 
    3. setiap anggota grup memaparkan hasil  kajian materi dasar-dasar pendidikan kihajar
    4. berdasarkan diskusi di grup buatlah kesimpulan dalam bentuk poin-poin yang dapat menjelaskan tentang bagaimana pemahaman guru mengenai motivasi intrinsik dapat menguatkan upaya penumbuhan murid merdeka di sekolah.
    5. tuangkan kesimpulan tersebut di kelas besar 
    Jawaban 1. Pendidikan merupakan wahana untuk tuntunan dalam  tumbuh kembang peserta didik. Tujuannya,  agar mereka mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia mapun sebagai anggota masyarakat. Di sinilah peranan pendidik sebagai pemberi tuntunan dan menyokong anak-anak tumbuh dan berkembang atas kodratnya sendiri. Karena, setiap anak adalah pribadi yang uni dengan segala potensi yang dimilikinya.
  2. 2. Guru ibarat petani yang bertugas memupuk benih, memperbaiki benih agar tumbuh kembangnya baik di ladang. Ladang diibaratkan sebagai sekolah, dan siswa adalah benih dari berbagai varietas.  Petani tidak bisa memaksa benih cepat matang akrena harus melalui beragam proses.

    3. Guru menuntun siswa sesuai karakteristiknya masing-masing . Guru berusaha menciptakan agar anak-anak didiknya itu tumbuh menjadi anak-anak yang baik budi pekertinya, memiliki kemerdekaan dalam belajar, serta bisa mandiri. 

0 comments:

Post a Comment