Monday, May 24, 2021

Tugas 3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual Pemetaan Aset/ Sumber Daya Sekolah (SMPN 2 Gunungsindur)


3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

Durasi : 3  JP (135 menit)
Moda: Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  • Calon Guru Penggerak dapat menerapkan pemetaan aset yang dimiliki oleh sekolahnya melalui penugasan mandiri.
  • Calon Guru Penggerak menganalisis sejauh mana potensi kekuatan aset yang sekolahnya miliki dibandingkan dengan semua sumber daya yang seharusnya dimiliki sesuai dengan peraturan negara

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki oleh daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita melihat ke sekolah kita sendiri.  Kekuatan dan aset apa yang kita miliki dari masing-masing sumber daya yang ada.

Gunakan pertanyaan - pertanyaan di bawah ini untuk membantu mengidentifikasi aset atau kekuatan yang dimiliki.

-       Apa yang kami kuasai?
-       Apa yang paling kami banggakan dari sekolah ini? Dari murid-murid kami?
-       Apa yang membuat kami unik?
-       Kekuatan apa yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas sekitar?
-       Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki yang lebih baik dari orang lain?


TAGIHAN 

  1. Buatlah pemetaan tujuh kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah.  Hasil pemetaan bisa dalam bentuk apa pun sesuai dengan kreasi masing-masing
  2. Kirimkan file Ms.Word hasil tulisan reflektif maksimal 500 kata  dan unggah hasilnya sesuai petunjuk.

 

Tugas 3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual Pemetaan Aset/ Sumber Daya Sekolah

Nama CGP                    : Nur Fajrina, S.Pd

Nama Sekolah             : SMPN 2 Gunungsindur

Nama Kepala Sekolah : Dra. Rr. Purwani Retno Y, S.Pd,MM.Pd

akreditasi A

 

1.      Modal Manusia

Sekolah terakreditasi A

Kepala Sekolah kualifikasi S2

Tenaga pendidik sejumlah 27 orang dengan kualifikasi S1 dan S2

Terdapat staf, komite dan karyawan yang mendukung kemajuan sekolah

Masyarakat sekitar

Orang tua siswa

Murid dari 19 kelas (rombel)

 

2.      Modal Sosial

Warga Sekolah : adanya gotong royong, sedekah, menjenguk warga sekolah yang sakit, mendatangi warga sekolah yang mengadakan hajatan, shalat duhur berjamaah, shalat duha, shalat jumat, literasi, olahraga bersama, adanya tata tertib sekolah.

ruang tamu
sekolah

 

3.      Modal Fisik

Bangunan :  Ruang Kepala Sekolah, ruang tamu, ruang guru, ruang tata usaha, mushalla, perpustakaan, laboratorium komputer, kantin, koperasi, laboratorium IPA, ruang kelas, gazebo, ruang BK, UKS, WC guru, WC siswa, halaman, lapangan, tempat parkir.

Infrastruktur : Air bersih, WIFI, AC di ruang guru, kipas angin, alat peraga, P3K, drainase, meja kursi, rak buku, komputer, proyektor, infokus, lemari penyimpanan, printer, jaringan listrik, sound system.

 

4.      Modal Lingkungan/Alam

SMPN 2 Gunungsindur mudah dijangkau dari jalan raya, lokasinya tidak jauh dari puskesmas dan rumah warga yang mata pencahariannya majemuk.

 

5.      Modal Finansial

Sumber Internal : Koperasi sekolah dan sumbangan sukarela.

Sumber eksternal : Aspirasi dari organisasi kemasyarakatan serta bantuan pemerintah (Program Indonesia Pintar, Bantuan Operasional Sekolah)

 

6.      Modal Politik

Kantor UPT, kantor kecamatan, kantor desa, kepolisian, TK, ponpes, dan lembaga sosial kemasyarakatan.

 

7.      Modal Agama dan Budaya

sebagian siswa 

Peringatan hari besar dengan memanggil tokoh agama (Maulid Nabi), pengajian bersama, ibadah berjamaah di mushalla sekolah (shalat dhuhur, duha dan shalat Jumat), buka puasa bersama, dan pelestarian budaya dalam acara bulan bahasa (konfigurasi budaya).

  

Tulisan Reflektif Terhadap Hasil Analisis Aset/ Sumber Daya yang Dimiliki Sekolah

siswa dan guru

 

Apa yang kami kuasai?

Yang dapat kami kuasai yaitu mengenali berbagai asset atau sumber daya yang ada dan tersedia di sekitar sekolah kami. Melalui pemetaan asset inilah, kami berusaha memanfaatkannya dengan cara memaksimalkan aset yang ada guna mendukung proses pembelajaran di sekolah kami.

 

Apa yang paling kami banggakan dari sekolah ini? Dari murid-murid kami?

Yang kami banggakan dari sekolah ini, sekolah ini memiliki toleransi yang tinggi terhadap kondisi murid maupun gurunya dengan didasarkan pada nilai kemanusiaan. Misalnya , jika murid ataupun warga sekolah memiliki suatu kendala tertentu yang mengganggu kelancaran proses belajar mengajar. Sekolah ini juga telah memiliki fasilitas yang memadai. Apalagi ditunjang adanya wifi atau jaringan internet. Siswa yang terkendala ketika belajar dari rumah atau ujian dari rumah, bisa datang dan mengerjakannya di sekolah. Yang bisa dibanggakan dari murid kami adalah, mereka memiliki kekhasan di bidang tertentu seperti olahraga, tari dan paskibra.

 

Apa yang membuat kami unik?

Yang unik dari sekolah kami adalah, adanya karya seni berupa graffiti yang rapih di dinding kelas 9. Hasil karya siswa kelas tersebut dan dibuat dengan gotong royong kebersamaan siswa. Siswa belajar bertanggung jawab dan menuangkan kreasinya agar indah dipandang. Mayoritas guru serta staf adalah warga asli sekitar sekolah yang tempat tinggalnya tidak jauh dari sekolah.

 

Kekuatan apa yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas sekitar?
Sekolah kami mampu menjalin hubungan baik dengan warga sekitar, aparat dan juga komunitas luar sekolah demi mewujudkan tujuan untuk memajukan kualitas Pendidikan yang berdampak baik bagi masyarakat sekitar.  Misalnya, kerjasama dengan puskesmas setempat untuk pemeriksaan Kesehatan guru di sekolah kami, kerjasama pemberian zat besi untuk siswa serta penyuluhan untuk siswa kami. Sekolah juga bekerjasama dengan kepolisian dan babinsa untuk penyuluhan tentang narkoba dan bahaya tawuran.

 

Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki yang lebih baik dari orang lain?

Sekolah kami terus berbenah dari tahun ke tahun. Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir (2017-2021) terbukti banyak perubahan sekolah dan tampilannya makin dinamis. Pimpinan juga memberi kesempatan seluas-luasnya bagi warga sekolah untuk berkembang.

 

0 comments:

Post a Comment