Sunday, February 14, 2021

2.1.a.7 Tugas Demonstrasi Kontekstual (Individu)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

JARAK JAUH (DARING)

 

Satuan Pendidikan  :  SMPN 2 GUNUNGSINDUR

Kelas / Semester      : VII / 2 (genap)

Mapel                        : BAHASA INDONESIA

Pembelajaran ke      : 4

Alokasi Waktu           : 80 Menit (1 Pertemuan)

 

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Melalui diskusi, siswa mampu memahami puisi dengan baik.

2.       Setelah menyimak video Youtube, siswa mampu menuliskan puisi  sesuai kaedah yang berlaku.

B.    SUMBER BELAJAR

1.    Aplikasi Whatsapp / Zoom

2.    Buku panduan modul Bahasa Indonesia Kelas VII  

3.    Buku paket murid Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas VII SMP

 

       

C.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Pendahulu an

(10 Menit)

        Guru memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan memberikan pesan-pesan harian menggunakan platform daring yang dipilih.

        Guru mengulas kembali materi sebelumnya melalui pertanyaan : “Apakah beda antara puisi dengan karya sastra lain seperti gurindam?”

        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

 

Kegiatan Inti

(60 menit)

Minta murid untuk: 

1.    Berdiskusi via WA tentang perbedaan puisi lama dan puisi baru

2.    Mencari contoh puisi

3.    Membaca puisi

 

* Untuk murid yang memiliki gaya belajar auditori diminta mendengarkan di youtube dalam mencari contoh puisi (Guru melakukan diferensiasi konten)

 

Untuk murid yang memiliki gaya belajar visual, diminta mencari puisi yang ada di buku paket atau modul lalu menuliskan contohnya

 

Untuk murid yang memiliki gaya belajar kinestetik, diminta bergerak mengamati lingkungan sekitar rumahnya, mencari sebuah objek untuk dijadikan puisi.

 

Bagi murid yang masih belum terlalu memahami gaya belajarnya, bisa memilih bebas cara mengerjakan tugas (dengan melihat, mendengar atau bergerak).

Kegiatan Penutup

 

(10 menit)

        Guru memberikan umpan balik kepada murid.

        Guru melakukan refleksi dari pembelajaran yang sudah dilakukan.

        Guru melakukan evaluasi (lisan atau tulisan).

        Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa, dsb).

 

D.   PENILAIAN

Sikap                          : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas.

Pengetahuan           : Menunjukkan pengetahuan tentang puisi. 

Keterampilan            : Mendemonstrasikan atau membacakan puisi. 

Strategi dan Alat Penilaian: 

Penilaian Sikap

-       Strategi: Observasi

-       Alat: Catatan Anekdot

 

Nama murid

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

             

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

-       Strategi: Unjuk kerja  

-       Alat: Checklist

Contoh Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan

Indikator

 

 Checklist

 

Catatan

Pengetahuan

Tercapai

Berkembang

Baru mulai

terlihat

 

Menjelaskan ciri-ciri puisi 

Siswa memahami pengertian puisi

 

 

 

 

Keterampilan

Tercapai

Berkembang

Baru mulai

terlihat

Catatan tambahan

terkait diferensiasi

Konten

 

 

 

 

Tampilan (menarik/tidak)

 

 

 

 

Komposisi

 

 

 

 

 

Saran / Masukan :

 

Lampiran :

Rubrik Penilaian Pengetahuan

Kelas…….

No

Kriteria

No Absen Siswa

1

2

3

4

5

6

7

1

Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi

 

 

 

 

 

 

 

2

Kreativitas

 

 

 

 

 

 

 

3

Ketepatan waktu pengumpulan tugas

 

 

 

 

 

 

 

4

Kerapihan hasil tugas

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

Rerata Nilai : Jumlah skor (0-100)/4

Rubrik Penilaian Keterampilan

Kelas…….

No

Nama

Tingkat

Nilai

Ket

 

 

1

2

3

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan : 4 = sangat baik (90-100), 3= baik(81-89) , 2=cukup(75-80) , 1=kurang(<75)

 

 

0 comments:

Post a Comment