RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
JARAK
JAUH (DARING)
Satuan Pendidikan : SMPN
2 GUNUNGSINDUR
Kelas / Semester : VII
/ 2 (genap)
Mapel : BAHASA INDONESIA
Pembelajaran ke : 4
Alokasi Waktu : 80 Menit (1 Pertemuan)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui diskusi, siswa mampu memahami
puisi dengan baik.
2.
Setelah menyimak video Youtube, siswa mampu
menuliskan puisi sesuai kaedah yang
berlaku.
B. SUMBER
BELAJAR
1. Aplikasi Whatsapp /
Zoom
2. Buku panduan modul
Bahasa Indonesia Kelas VII
3. Buku paket murid Bahasa
Indonesia kurikulum 2013 kelas VII SMP
C. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan |
Pendahulu
an (10
Menit) |
●
Guru
memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan
memberikan pesan-pesan harian menggunakan platform daring yang dipilih. ●
Guru
mengulas kembali materi sebelumnya melalui pertanyaan : “Apakah beda antara
puisi dengan karya sastra lain seperti gurindam?” ●
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. |
Kegiatan
Inti (60
menit) |
Minta murid
untuk: 1.
Berdiskusi
via WA tentang perbedaan puisi lama dan puisi baru 2.
Mencari
contoh puisi 3.
Membaca
puisi * Untuk murid yang
memiliki gaya belajar auditori diminta mendengarkan di youtube dalam mencari contoh
puisi (Guru melakukan diferensiasi
konten) Untuk murid yang
memiliki gaya belajar visual, diminta mencari puisi yang ada di buku paket
atau modul lalu menuliskan contohnya Untuk murid yang
memiliki gaya belajar kinestetik, diminta bergerak mengamati lingkungan
sekitar rumahnya, mencari sebuah objek untuk dijadikan puisi. Bagi murid yang masih belum terlalu memahami gaya belajarnya, bisa
memilih bebas cara mengerjakan tugas (dengan melihat, mendengar atau
bergerak). |
Kegiatan
Penutup (10
menit) |
●
Guru
memberikan umpan balik kepada murid. ●
Guru
melakukan refleksi dari pembelajaran yang sudah dilakukan. ●
Guru
melakukan evaluasi (lisan atau tulisan). ●
Guru
menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa,
dsb). |
D. PENILAIAN
Sikap : Observasi terhadap sikap komitmen
murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas.
Pengetahuan :
Menunjukkan pengetahuan tentang puisi.
Keterampilan :
Mendemonstrasikan atau membacakan puisi.
Strategi
dan Alat Penilaian:
Penilaian
Sikap
-
Strategi: Observasi
-
Alat: Catatan Anekdot
Nama
murid |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
Pengetahuan dan Keterampilan
-
Strategi: Unjuk kerja
-
Alat: Checklist
Contoh
Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan
Indikator
|
|
Checklist |
|
Catatan
|
Pengetahuan |
Tercapai |
Berkembang
|
Baru mulai terlihat |
|
Menjelaskan
ciri-ciri puisi Siswa
memahami pengertian puisi |
|
|
|
|
Keterampilan |
Tercapai |
Berkembang
|
Baru mulai terlihat |
Catatan
tambahan terkait diferensiasi |
Konten |
|
|
|
|
Tampilan (menarik/tidak) |
|
|
|
|
Komposisi |
|
|
|
|
Saran
/ Masukan :
Lampiran
:
Rubrik
Penilaian Pengetahuan
Kelas…….
No |
Kriteria |
No Absen Siswa |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||
1 |
Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang
studi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Kreativitas |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Ketepatan waktu pengumpulan tugas |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Kerapihan hasil tugas |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
Rerata Nilai :
Jumlah skor (0-100)/4
Rubrik
Penilaian Keterampilan
Kelas…….
No |
Nama |
Tingkat |
Nilai |
Ket |
|||
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 4
= sangat baik (90-100), 3= baik(81-89) , 2=cukup(75-80) , 1=kurang(<75)
0 comments:
Post a Comment