Contoh Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat
Tujuan Pembelajaran: murid dapat membuat tulisan berbentuk teks prosedur.
Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat
Minat |
Olahraga |
Kesenian (Prakarya) |
Sains |
Nama murid |
Nurdiansyah Fiayi |
Annisa |
Razi Khanza |
Produk |
Membuat
tulisan prosedur tentang bagaimana cara membuat jus jambu |
Membuat
tulisan prosedur tentang bagaimana cara membuat cemilan dari buah buahan |
Membuat
tulisan prosedur tentang bagaimana tips sehat |
Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran
dengan mempertimbangkan perbedaan minat murid. |
Contoh Pemetaan Kebutuhan Belajar
Berdasarkan Kesiapan Belajar (Readiness)
Tujuan Pembelajaran: murid dapat Menyajikan dan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar
Tabel 2. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar
Kesiapan
belajar (Readiness) |
Murid telah memahami konsep teks prosedur; dapat melakukan penulisan teks prosedur |
Murid telah memahami konsep teks prosedur namun belum lancar dalam melakukan praktek pembuatannya |
Murid belum memahami konsep teks prosedur |
Nama murid |
Razi Khanza Annisa |
Abdul |
Afatir Nurdi |
|
Fiayi |
Hardiknas |
Fajar |
Proses |
Murid diminta mengerjakan soal-soal pembuatan teks prosedur. murid akan diminta untuk bekerja secara mandiri dan
saling memeriksa pekerjaan masing-masing. |
Murid menggunakan bantuan benda- benda di sekitarnya untuk membuat
teks prosedur (misalnya mengamati bahan yang ada di
dapur). Jika mengalami kesulitan, murid diminta menerapkan
strategi “3 before me” (bertanya kepada 3 teman sebelum bertanya langsung pada guru).
Guru akan sesekali datang ke kelompok ini untuk memastikan tidak ada miskonsepsi. |
Murid akan mendapatkan pembelajaran eksplisit tentang teks prosedur. Guru akan memberikan scaffolding dalam proses ini. |
Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran
dengan mempertimbangkan kesiapan belajar murid. |
Contoh Pemetaan Kebutuhan Belajar
Berdasarkan Profil Belajar murid Tujuan
Pembelajaran: murid dapat mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang
habitat makhluk hidup.
Tabel 3. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan
Profil Belajar Murid
Profil Belajar murid |
Visual |
Auditori |
Kinestetik |
Nama murid |
Khanza |
Fiayi |
Fajar |
|
Razi Annisa |
|
|
Produk |
Murid diperbolehkan memilih cara mendemonstrasikan
pemahaman mereka tentang teks prosedur Boleh dalam bentuk gambar, rekaman wawancara maupun performance. |
||
Proses |
Saat menjelaskan guru menggunakan banyak gambar atau
alat bantu visual. |
Guru juga menyediakan kesempatan bagi murid untuk
mengakses sumber belajar yang dapat didengarkan murid secara lisan. |
Guru membuat beberapa sudut belajar atau display yang
ditempel di tempat-tempat berbeda untuk memberikan kesempatan murid bergerak
saat mengakses informasi. |
Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran
dengan mempertimbangkan perbedaan gaya belajar. |
Pengetahuan menarik.
ReplyDelete