Tuesday, February 2, 2021

2.1.a.4.2. Tugas - Eksplorasi Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi

 Contoh Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat 

Tujuan            Pembelajaran:  murid                    dapat                                              membuat tulisan                berbentuk teks prosedur.

Tabel 1. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Minat

 

Minat

Olahraga

Kesenian (Prakarya)

Sains

Nama murid

Nurdiansyah

Fiayi

Annisa

 

Razi

Khanza

 

Produk

Membuat tulisan prosedur tentang bagaimana cara membuat jus jambu

Membuat tulisan prosedur tentang bagaimana cara membuat cemilan dari buah buahan

Membuat tulisan prosedur tentang bagaimana tips sehat

Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan perbedaan minat murid.

 

 

 

Contoh Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar (Readiness)

Tujuan Pembelajaran: murid dapat Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar

Tabel 2. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Kesiapan Belajar

 

Kesiapan belajar (Readiness)

Murid telah memahami konsep teks prosedur; dapat melakukan penulisan teks prosedur

Murid telah memahami konsep teks prosedur namun belum lancar dalam melakukan praktek pembuatannya

Murid belum memahami konsep teks prosedur

Nama murid

Razi

Khanza

Annisa

Abdul

Afatir

Nurdi


 

Fiayi

Hardiknas

Fajar

Proses

Murid diminta mengerjakan soal-soal pembuatan teks prosedur. murid akan diminta untuk bekerja secara mandiri dan saling memeriksa pekerjaan masing-masing.

Murid menggunakan bantuan benda- benda di sekitarnya untuk membuat teks prosedur (misalnya mengamati bahan yang ada di dapur). Jika

mengalami kesulitan, murid diminta

menerapkan strategi “3 before me” (bertanya

kepada 3 teman sebelum bertanya langsung pada guru). Guru akan sesekali datang ke kelompok ini untuk memastikan tidak ada miskonsepsi.

Murid akan mendapatkan pembelajaran eksplisit tentang teks prosedur. Guru akan memberikan

scaffolding

dalam proses ini.

Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan kesiapan belajar murid.

 

 

 

Contoh Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar murid Tujuan Pembelajaran: murid dapat mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang habitat makhluk hidup.

Tabel 3. Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Profil Belajar Murid

 

Profil Belajar murid

Visual

Auditori

Kinestetik

Nama murid

Khanza

Fiayi

Fajar


 

Razi

Annisa

 

 

Produk

Murid diperbolehkan memilih cara mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang teks prosedur

Boleh dalam bentuk gambar, rekaman wawancara maupun performance.

Proses

Saat menjelaskan guru menggunakan banyak gambar atau alat bantu visual.

Guru juga menyediakan kesempatan bagi murid untuk mengakses sumber belajar yang dapat didengarkan murid secara lisan.

Guru membuat beberapa sudut belajar atau display yang ditempel di tempat-tempat berbeda untuk memberikan kesempatan murid bergerak saat mengakses informasi.

Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan perbedaan gaya belajar.

 



1 comment: