Hasil
Kerja Kelompok Kelas A Guru SMP ( Bu Prima, Pak Sains, Ina, Bu Mae) + Guru SMA
(Pa Bambang) Berdasar contoh yang ada di modul.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
JARAK
JAUH (DARING)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester :
IX / 2 (genap)
Mapel : PPKN
Pembelajaran ke : 1
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Menyebutkan prinsip harmoni dalam keberagaman
suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender
dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.
Mampu menganalisis prinsip harmoni dalam
keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi,
dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
B. SUMBER
BELAJAR
1. Aplikasi Zoom atau
Whatsapp
2. Buku panduan pegangan
guru PPKN kurikulum 2013 kelas IX SMP
3. Buku murid PPKN
kurikulum 2013 kelas IX SMP
C. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan |
Pendahulu
an |
●
Guru
memulai dengan kegiatan rutin membuka kelas (salam, berdoa, dsb) dan
memberikan pesan-pesan harian menggunakan platform daring yang dipilih. ●
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. |
Kegiatan
Inti |
Minta murid
untuk: 1.
Berdiskusi
via zoom tentang keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)
sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. 2.
Mencari
kasus yang berhubungan dengan konflik SARA dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika. 3.
Membuat
pertanyaan dan kemudian mencari solusi bagaimana mengatasi konflik SARA dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika. * Untuk murid yang
memiliki gaya belajar auditori diminta berselancar di youtube dalam mencari
kasus dan menemukan solusi sedangkan untuk murid yang kinestetis diminta
mencari kasus dan menemukan solusi dengan membuat film/drama (Guru melakukan diferensiasi konten) Untuk murid yang mempunyai
minat di bidang seni music mencari kasus dan solusi dalam bentuk lagu, yang
mempunyai minat di bidang seni drama mencari kasus dan solusi dalam bentuk
film, dan yang mempunyai minat di bidang pidato mencari kasus dan solusi dalam bentuk pidato. (Guru melakukan diferensiasi konten) |
Kegiatan
Penutup |
●
Guru
memberikan umpan balik kepada murid. ●
Guru
menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa,
dsb). |
D. PENILAIAN
Sikap : Observasi terhadap sikap komitmen
murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas.
Pengetahuan :
Menunjukkan pengetahuan tentang prinsip harmoni dalam keberagaman suku,
agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Keterampilan :
Mendemonstrasikan prinsip harmoni dalam keberagaman suku,
agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Strategi
dan Alat Penilaian:
Penilaian
Sikap
-
Strategi: Observasi
-
Alat: Catatan Anekdot
Nama
murid |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
Tanggal/ Catatan sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
Pengetahuan dan Keterampilan
-
Strategi: Unjuk kerja
-
Alat: Checklist
Contoh
Penilaian Ranah Pengetahuan dan Keterampilan
Indikator
|
|
Checklist |
|
Catatan
|
Pengetahuan |
Tercapai |
Berkembang
|
Baru mulai terlihat |
|
Menjelaskan
prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial,
budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. |
|
|
|
|
Keterampilan |
Tercapai |
Berkembang
|
Baru mulai terlihat |
Catatan
tambahan terkait diferensiasi |
Konten |
|
|
|
|
Tampilan (menarik/tidak) |
|
|
|
|
Komposisi |
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment